Soal ujian ‘asal-asalan’ ini jadi bukti kebobrokan guru Indonesia


soal ujian asal-asalan

Soal ujian asalasalan yang menggelikan oleh guru di Indonesia kembali terjadi. Kali ini, kejadian tersebut muncul di salah satu sekolah dasar di Tulungagung, Jawa Timur.

Sang guru, untuk sepuluh pertanyaan, hanya menanyakan seputar buah duku dan belimbing. Alih-alih memberikan pertanyaan edukatif yang ilmiah, soal hanya berkisar pada pengetahuan sehari-hari, yang tanpa sekolah pun semua orang pasti sudah tahu.

Bahkan, sejumlah jawaban guru pun dinilai tidak tepat. Misalnya, ketika bertanya seperti apa rasa belimbing yang sudah masak, sang guru menyalahkan jawaban murid yang menyebut manis.

Menurutnya, rasa belimbing masak adalah pahit. Demikian pula ketika menjawab soal bentuk duku, yang menurut sang guru lonjong.

Ada pula pertanyaan yang susah dicari landasan ilmiahnya, seperti kota yang menghasilkan buah duku paling manis. Untuk kasus ini sang guru menyebut Blitar, salah satu kota di Jawa Timur.

Aku mung mesakne dirimu nduuk, wes sekolah mbayar larang-larang, gurumu rek ngulang kok nggak nggenah ngene (saya cuma kasihan kepada dirimu dik, sudah sekolah biaya mahal-mahal, gurumu kalau mengajar kok tidak benar seperti ini, red), ” kata Laili Khalifah yang pertama kali memposting naskah soal ulangan tersebut, Rabu (22/03/2016) malam.

“Gurune lg uji nyali…,” timpal Sany Isnaini.


soal asal-asalan
Foto: capture soal yang membuat kita semua merasa miris dengan kualitas pendidikan di Indonesia [source: Rimanews]
Sejumlah netizen pun menyatakan keprihatinan serupa. Sayangnya, saat ditanya, penyebar soal yang membuktikan rendahnya kualitas guru Indonesia tersebut menolak menyebut institusi tempat guru tersebut mengajar.

Sontak kabar ini pun mendapat respon dari para netizen, beragam komentar bermunculan dan diantaranya:

Kalau saya pemandanganya yg salah itu rekuitmetman gurunya yg salah tidak melibatkan pihak lain apakah memang seseorang itu layak menjadi guru karena ada seseorang itu memang suka mengajar atau sebaliknya” tulis Elman.

Seorang netizen lagi memberikan komentar yang lebih nyesek:

ga sekalian buah dada rasanya apa? soal ujian ko buah kabeh. guru kalo masuknya pke uang ya gitu ga niat ngajar yang ditunggu gajian tok”  tambah Irin dalam komentarnya.

Terkait soal ujian ini, bagaimana komentar kalian? [YH – Yangheboh.com /Rimanews.com]

Bantu kami, klik tanda ini:

What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
1
Marah
Gasuka Gasuka
0
Gasuka
Suka Suka
0
Suka
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
BodoAmat BodoAmat
0
BodoAmat
Keren Keren
0
Keren
Nokomen Nokomen
0
Nokomen

Soal ujian ‘asal-asalan’ ini jadi bukti kebobrokan guru Indonesia