Bunda waspada! Gara-gara duduk di ‘baby chair’ restoran, tubuh bayi ini dipenuhi…


Tubuh Airil dipenuhi luka merah

Bayi dianggap memiliki fisik lebih sensitif daripada orang dewasa. Mereka harus dirawat dengan perhatian dan penuh kehati-hatian. Jika orang tua lengah sedikit saja, bisa jadi keselamatan buah hati terancam.

Hal tersebut juga dialami oleh seorang ibu bernama Amrina Meena. Wanita ini menceritakan kejadian mengerikan yang dialami putranya yang bernama Airil. Amrina menulis ceritanya lewat unggahan di Facebook pada Kamis (9/11/2017).

Kejadian ini bermula saat Amrina mengajak Airil makan malam di sebuah restoran. Seperti pada umumnya, Amrina pun mendudukkan putranya di kursi bayi yang biasanya tersedia di restoran. Namun, tak disangka, keesokan harinya Airil jatuh sakit.

Awalnya, Airil mengalami demam hingga 38,6 derajat celcius. Tak hanya itu, sekujur tubuh Airil dipenuhi bercak luka merah. “Kursinya tak terlihat kotor, jadi tidak perlu dilap. Selama tak mengalami hal buruk, kami tidak ingat untuk berhati-hati,” ungkap Amrina.

Wanita asal Malaysia ini menduga sang anak terkena Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD). HFMD atau penyakit tangan kaki mulut adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dari genus Enterovirus.

Melansir idai.or.id, penyakit ini umumnya diawali demam, nyeri tenggorokan, nafsu makan menurun dan tak enak badan. Setelah demam, maka akan timbul bintik-bintik merah mulai dari dalam mulut hingga tangan dan kaki. “Ini salahku karena pada malam itu tak membawa tisu bayi.”

HFMD sangat mudah menular. Oleh karena itu, para pasien harus dikarantina. Mereka biasanya dilarang keluar kecuali atas seizin dokter. Anak-anak yang sudah bersekolah juga hari izin untuk tidak masuk.

Merek dilarak pergi ke tempat-tempat umum termasuk restoran, taman bermain, supermarket, mal dan lain-lain. Sebab, penyakit ini bisa menular melalui cairan tubuh air liur, bersin, kotoran, cairan luka yang pecah. Jika siapa saja melakukan kontak dengan hal-hal ini, maka mereka juga akan sakit dan terserang HFMD.

“Setelah ini, aku akan menyiapkan beberapa perlindungan. Jika dia ingin duduk di sebuah tempat, aku pasti akan mengelapnya dengan bersih. Biar saja orang menilaiku seperti apa, karena akhirnya aku lah yang harus merawat anakku,” tulis Amrina.


Melalui unggahannya ini juga Amrina ingin mengingatkan para orang tua. Ia mengingatkan agar mereka tak melakukan kesalah yang sama. “Untuk para orang tua, pastikan kamu memiliki tisu basah anti bakteri, semprotan antiseptik, pembersih tangan, dll di tasmu sepanjang waktu.”

Untungnya, kondisi Airil mulai membaik. Luka merah di seluruh tubuhnya mulai kering dan akan segera pulih. Semoga kejadian ini bisa jadi pelajaran bagi kalian semua, terutama para ibu, ya.

Hati-hati saat menggunakan fasilitas umum yang belum terjamin kebersihannya. Lebih baik lakukan langkah antisipasi demi keselamatan buah hati. Jangan lupa cuci kaki dan tangan anak-anak setelah mereka beraktivitas di luar ruangan.

iril duduk di kursi bayi (Facebook/Amrina Meena)
Tubuh Airil dipenuhi luka merah (Facebook/Amrina Meena)
Tubuh Airil dipenuhi luka merah (Facebook/Amrina Meena)
Tubuh Airil dipenuhi luka merah (Facebook/Amrina Meena)
[Sumber]
Tolong bantu kami klik tanda Like ini:

What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah
Gasuka Gasuka
0
Gasuka
Suka Suka
0
Suka
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Senang Senang
0
Senang
Keren Keren
0
Keren
Nokomen Nokomen
1
Nokomen

Bunda waspada! Gara-gara duduk di ‘baby chair’ restoran, tubuh bayi ini dipenuhi…

Komentarmu...?!