Inspirasi

Ternyata sujud saat sholat bisa menyehatkan dan mencerdaskan otak

sujud mencerdaskan otak

Manfaat perintah sholat kepada umat muslim ternyata luar biasa. Selain manfaat rohani dimana jiwa semakin tenang dan tentram, ternyata manfaat medisnya juga sangat besar. Selain mampu menyehatkan badan, ternyata sujud dalam sholat juga mampu mencerdaskan otak.

Seorang dokter di Amerika, Dr Fidelma telah memeluk islam karena beberapa keajaiban yang ditemukannya dalam penyelidikan. Dia adalah seorang dokter neurologi. Setelah membuat kajian beberapa waktu, dia menemukan bahwa darah tidak akan memasuki urat saraf dalam otak melainkan ketika seseorang tersebut seddang sholat. Urat tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu. Ini artinya darah akan memassuki urat saraf mengikuti kaddar sholat lima waktu yang diwajibkan dalam islam.

Begitulah keagungan Allah SWT, jadi barangsiapa yang tidak menunaikan sholat maka otak tidak dapat menerima darah secukupnya agar bisa berfungsi normal. Pada saat sujud, pembuluh balik nadi dikunci dipangkal paha sehingga tekanan darah akan lebih banyak dialirkan kembali ke jantung dan dipompa ke kepala.

Posisi sujud adalah cara yang maksimal untuk mengalirkan darah dan oksigen ke otak. Dan posisi ini adalah teknik terbaik untuk membongkar sumbatan pembuluh darah jantung sehingga mencegah jantung koroner, juga pembuluh darah halus di otak akan mendapat tekanan lebih sehingga bissa mencegah stroke.

Aliran getah bening dipompa ke bagfian leher dan ketiak. Posisi jantung ke atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang, karena itulah lakukan sujud dengan tuma’ninah, jangan tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak.
Khusus bagi wanita, baik ruku’ maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan ddan kesehatan organ kewanitaan.

Pakar pengobatan tradisional, M Hembing Wijayakusuma juga  pernah menyebutkan bahwa ada bagian syaraf yang berada dalam otak yang ternyata tidak teraliri oleh darah, kecuali orang tersebut dalam keadaan sujud/salat. Posisi jantung yang letaknya berada di dada tidak cukup kuat memompa darah untuk sampai ke seluruh bagian otak.

Otak berada di atas sedangkan jantung berada di bawah. Posisi sujud yang menempatkan kepala di bawah dan jantung berada di atas, membuat darah mengalir dengan deras ke seluruh bagian otak.

“Salat tidak hanya berpahala tetapi juga mampu mencerdaskan otak dan menghindari kepikunan,” kata dr Isti Suharjanti, dokter pesialis saraf RSU Dr Soetomo, Surabaya.

“Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, ternyata posisi sujud saat shalat juga menjadikan kerja otak menjadi luar biasa. Dengan kata lain, shalat akan mencerdaskan otak,“ kata Prof Dr Moh Sholeh, pakar agama dan kesehatan.

Begitulah keagungan ciptaan Allah. Jadi barang siapa yang tidak menunaikan shalat, maka otak tidak akan menerima darah yang cukup untuk berfungsi secara normal. Oleh karena itu, kejadian manusia ini sebenarnya adalah untuk menganut agama Islam sepenuhnya karena fitrah kejadiannya pun telah dikaitkan oleh Allah dengan agamanya yang indah.

Silahkan sebarkanlah ke semua temanmu jika kamu rasa bermanfaat. [YH – Yangheboh.com /Sebarkanlah.com]


Kamu juga harus baca ini:


TERHEBOH MINGGU INI

To Top