10 Pohon Tertua di Dunia


0
9 shares
10 Pohon Tertua di Dunia

Pohon merupakan salah satu organisme yang memiliki kemampuan yang kuat dalam bertahan hidup di bumi. Karena pohon punya cara hidup yang meskipun satu bagian dari pohon itu mati, bagian lainnya masih terus berkembang dan mampu bertahan melawan parasit dan bakteri yang mematikan.

Seringkali pohon dianggap sebagai saksi bisu sejarah dan peradaban manusia dari zaman ke zaman sehingga di beberapa diantaranya dianggap sakral. Berikut pohon-pohon tersebut yang di lansir dari berbagai sumber.

1. Jomon Sugi-Yakushima, Jepang

Usia pohon ini diperkirakan bervariasi yaitu sekitar 2.500 – 7.000 tahun. Beberapa teori mengatakan usia pohon jomon sugi ini rata-rata berumur 5.000 tahun jika dilihat dari banyaknya lubang dan tonjolan yang terdapat pada pohon ini. Lingkar batang pohon ini sekitar 16,1 meter dan memiliki tinggi sekitar 30 meter. Tersedia dek kayu untuk melihat pohon ini dalam jarak 10 meter demi menjaga kelestariannya.


Jomon Sugi-Yakushima, Jepang
Jomon Sugi-Yakushima, Jepang

Cara pohon ini berdiri dan menutupi pohon di sekitarnya di anggap penduduk lokal sangat spiritual dan penuh akan kekuatan hidup, sehingga pohon ini dijadikan sebagai simbol dari pulau yakushima.

2. Hundred Horse-Chestnut, Italia (klik Next)


What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah
Gasuka Gasuka
0
Gasuka
Suka Suka
0
Suka
Ngakak Ngakak
0
Ngakak
Keren Keren
0
Keren
Nokomen Nokomen
0
Nokomen

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.