Viral Harga Durian J-Queen 14 Juta di Tasikmalaya, Kok Bisa?


1
10 shares, 1 point
Viral Harga Durian 14 Juta di Tasikmalaya
instagram.com/aka.durian

Dunia maya dihebohkan dengan keberadaan durian yang dijual di Supermarket Asia Plaza Tasikmalaya, Jawa Barat. Durian tersebut dibanderol seharga Rp14 juta per buah. Dalam label harga, buah itu diberi nama Durian J-Queen.

Lalu, apa yang membuat durian J-Queen ini menjadi sangat mahal? Simak ulasan berikut ini!

Durian langka yang hanya berbuah tiga tahun sekali

Asal-usul durian J-Queen adalah dari hasil perkawinan beberapa jenis durian unggulan di Indonesia. Varietas durian ini pertama kali ditemukan oleh Aka, anak muda lulusan Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Aka menyebutkan rasa dari durian temuannya ini cukup unik, yakni perpaduan rasa kacang dan mentega. Bentuk kulitnya bulat sempurna dan terlihat enam garis jalur buah di dalamnya.

Buahnya sendiri berbentuk bulat dengan warna kuning emas. Menurut Aka, pohon durian J-Queen ini hanya berbuah tiga tahun sekali. Setiap pohonnya hanya berbuah paling banyak 20 buah.

Sudah sering menang kontes durian

Durian J-Queen
instagram.com/aka.durian

Satu hal yang membuat J-Queen menjadi semakin mahal adalah lantaran sudah sering memenangkan kontes durian. Durian J-Queen telah menjadi juara berturut-turut dalam kontes durian di Provinsi Jawa Tengah.


Durian asli Banyumas ini bahkan sukses mengalahkan durian Mussang King asal Malaysia saat kontes di Negeri Jiran itu pada 2018. Perpaduan rasa kacang dan mentega membuat durian J-Queen lebih unggul dari Mussang King yang hanya memiliki rasa mentega. Tak hanya itu, harum durian J-Queen ini pun sanggup mengungguli durian kebanggaan Malaysia tersebut.

Ada yang lebih mahal dari durian J-Queen

Sudarno, salah seorang ahli durian, menyebutkan durian varian unggulan J-Queen sebenarnya bukan yang termahal di Indonesia.

Menurut Sudarno, durian J-Queen masih kalah mahal dari durian Tai Babi yang berasal dari Bangka Belitung. Durian dengan nama unik ini bisa dibanderol hingga Rp50 juta.

Sebelumnya, durian asal Thailand juga pernah dibanderol dengan harga yang mencengangkan. Di provinsi Si Sa Ket, Thailand, lelang buah durian mencapai angka tertinggi hingga 150.000 Baht atau sekitar Rp66 juta untuk satu buah.

Lelang itu digelar dalam festival buah tahunan di distrik Kantharak pada September 2018. Menurut penyelenggara lelang, rasa durian dari Kantharak ini unik karena tumbuh di tanah yang mengandung potasium dari letusan gunung berapi, sehingga kerap disebut sebagai durian vulkanik.

Wah, mahal juga ya! Kamu sebagai pecinta durian kira-kira masih berminat beli gak nih? (Artikel Asli)


What's Your Reaction?

Sedih Sedih
0
Sedih
Muntah Muntah
0
Muntah
Marah Marah
0
Marah
Gasuka Gasuka
0
Gasuka
Suka Suka
0
Suka
Ngakak Ngakak
1
Ngakak
Keren Keren
1
Keren
Nokomen Nokomen
0
Nokomen